Pendahuluan | Mata Kuliah Perencanaan Pemasaran ( EKMA 4569 )
Selamat Datang & Bergabung Dalam Tuton
Mata Kuliah Perencanaan Pemasaran ( EKMA 4569 )
Syaiful Amri, S.T., M.M
Email : syaiful@smkn1gunungsindur.sch.id
Selamat Datang di Kelas EKMA 4569.
Silahkan Anda mencermati terlebih dahulu SAT dan RAT EKMA 4569 ini. Agar diperoleh nilai optimal, silahkan aktif mengikuti setiap diskusi yang dilakukan di setiap pekannya serta menyelesaikan 3 tugas yang diberikan.
Tujuan umum pembelajaran matakuliah ini adalah mampu membuat perencanaan pemasaran yang baik serta komprehensif ditinjau dari aspek teori maupun praktek. Matakuliah ini membahas tentang penetapan perencanaan pemasaran yang perlu dilakukan perusahaan dalam mengantisipasi dinamika perubahan dan persaingan bisnis.
Bahan kajian pada mata kuliah ini meliputi Konsep Perencanaan Pemasaran dan penetapannya, Perencanaan pada Aspek Produk, Perencanaan Pentapan Harga, Perencanaan Komunikasi Pemasaran, Perencanaan Saluran Distribusi serta Pengorganisasian dalam Perencanaan Pemasaran.
Setelah mengikuti tutorial ini Anda diharapkan mampu menjelaskan tentang konsep dasar perencanaan pemasaran dan proses penyusunannya, perancangan dan pengembangan perencanaan pemasaran, penyusunan sasaran dan tujuan pemasaran, perencanaan produk, perencanaan komunikasi pemasaran, perencanaan penjualan personal, perencanaan harga, perencanaan saluran distribusi, serta pengorganisasian untuk perencanaan pemasaran.
Tuton Perencanaan Pemasaran ini terdiri dari 8 sesi dengan aktivitas yang terdiri dari:
- Inisiasi berisi materi penting dari Buku Materi Pokok dan materi tambahan dari berbagai sumber lain baik dalam bentuk PPT, Word, video, dsb. Materi inisiasi dirancang untuk membantu memahami materi-materi yang ada di dalam BMP.
- Diskusi merupakan ruang bagi mahasiswa untuk bertanya atau memberikan respon terhadap pertanyaan yang diberikan oleh Tutor atau merespon tanggapan dari mahasiswa lain.
- Tugas merupakan alat evaluasi pemahaman belajar mahasiswa, diberikan pada minggu ke 3, 5 dan 7. Tugas memberi kontribusi nilai tutorial terbesar yaitu 50%. Perhatikan dan patuhi batas waktu pengumpulan tugas, agar tugas dapat masuk dalam penilaian.
- Quiz merupakan soal latihan untuk membantu mengukur pemahaman terhadap materi yang diberikan.
Kegiatan | Materi |
Tutorial sesi 1 | Konsep Dasar Perencanaan Pemasaran dan Proses Penyusunannya |
Tutorial sesi 2 | Perancangan dan Pengembamagan Perencanaan Pemasaran |
Tutorial sesi 3 |
Penyusunan Sasaran dan Tujuan Pemasaran Tugas 1 |
Tutorial sesi 4 | Perencanaan Produk dalam Pemasaran |
Tutorial sesi 5 |
Perencanaan Komunikasi Pemasaran dan Penjualan Personal Tugas 2 |
Tutorial sesi 6 | Perencanaan Penetapan Harga |
Tutorial sesi 7 |
Perencanaan Saluran Distribusi Tugas 3 |
Tutorial sesi 8 | Pengorganisasian dalam Perencanaan Pemasaran |
Aktivitas tersebut memiliki kontribusi nilai adalah sebagai berikut.
Tugas = 50%
Diskusi = 30%
Partisipasi = 20%,
pastikan untuk mengisi kehadiran pada setiap sesi tutorial agar dapat memperoleh nilai partisipasi dan dapat berpartisipasi dalam diskusi.
Nilai tuton memberikan kontribusi sebesar 40% terhadap nilai akhir mata kuliah, dengan syarat nilai UAS ≥ 30.
Saya ingatkan untuk menghindari plagiarisme, yaitu menggunakan seluruh atau sebagaian pemikiran atau hasil temuan orang lain tanpa mencantumkan sumbernya baik dalam berdikusi ataupun pengerjaan tugas Tuton.
Untuk mendapatkan manfaat optimal dari tuton ini, Anda diharapkan telah mambaca BMP Perencanaan Pemasaran. Anda dapat membaca BMP Perencanaan Pemasaran melalui tautan:
https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/ekma4569-perencanaan-pemasaran/
Selamat Belajar dan Sukses selalu
Salam Sehat
Syaiful Amri, S.T., M.M
0 comments:
Posting Komentar